Jumat, 27 Juni 2014

1 TROUBLESHOOTING NILAI EXCEL ERROR



Dalam suatu kegiatan usaha, Excel sering dipergunakan untuk menyusun laporan keuangan, laporan stock, laporan grafik dan lain kebutuhan lainnya. Lembar kerja (spreadsheet) sangat rentan terhadap error karena informasi yang tersembunyi dalam bentuk rumus atau fungsi tidak dapat dilihat atau diperiksa dengan mudah. Mungkin untuk sebagian orang yang sudah jago Excel tidak kesulitan dalam memeriksa dan merevisi rumus atau formula yang error seperti ini, tetapi saya hanya mencoba sharing dan mungkin para newbie atau orang awam dalam hal ini dapat menambah wawasan dan terbantu.

Error dalam Excel dapat mengakibatkan kerugian yang berpengaruh terhadap kelangsungan suatu laporan, dikarenakan error tersebut ngelink dengan lembar Excel lainnya dan mengakibatkan banyak error. Jadi, sangatlah penting untuk dapat memahami masalah yang mungkin terjadi ketika menggunakan rumus dan fungsi, sehingga dapat diambil tindakan berupa pencegahan atau memperbaiki rumus dan fungsi tersebut, guna memastikan bahwa laporan keuangan atau sebagainya bebas dari error.

Sebenarnya jenis error di Microsoft Excel itu sangatlah banyak, namun saat ini saya tidak akan bahas semuanya dulu, mungkin di lain kesempatan atau postingan lain saya akan bahas, yang saya bahas saat ini adalah error yang umumnya terjadi pada nilai Excel / nilai error Excel.

Jika Excel 2007 tidak dapat mengkalkulasi formula/rumus yang kamu masukkan dalam satu sel, maka nilai error akan ditampilkan pada sel tersebut. Excel menggunakan beberapa nilai error yang dimulai dengan tanda (#).

Berikut saya jelaskan secara singkat beberapa nilai error Excel yang mungkin muncul pada layar Excel kamu. Untuk menghapus nilai error dari sel, kamu harus menemukan penyebab nilai error dan kemudian mengedit atau memperbaiki rumus sehingga Excel dapat menyelesaikan perhitungan selanjutnya. Dibawah ini saya sudah buatkan khusus untuk teman-teman, silahkan klik kanan pada gambar dibawah ini kemudian klik lihat gambar, sesudah itu print gambar dibawah ini dan teman-teman bisa menyimpannya untuk bahan belajar.




Okay, sekarang sudah disimak kan apa saja penyebabnya, semoga teman-teman mengerti dan dapat memperbaiki error pada Excel yang teman-teman alami. Jika ada yang tidak dimengerti atau kurang jelas silahkan bertanya aja ya teman-teman di kolom komentar, jika ada yang kurang boleh juga di tambahkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat untuk teman-teman. Terima kasih.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

wah kepake nih soalnya w kurang bsa excel

Posting Komentar

Berilah komentar yang baik, sopan dan dapat membangun sesama.